Amerika Akan Segera Bertindak di Yaman

Washington menyatakan akan meningkatkan peran militernya di Yaman di saat protes pro-demokrasi tengah mengguncang Yaman enam hari secara berturut-turut.

Amerika Serikat menyatakan akan mengambil tindakan segera jika pemerintah Sanaa gagal memenuhi kewajibannya dalam memerangi terorisme al-Qaeda. Demikian dilaporkan The Times terbitan Inggris (16/2).

AS telah berulangkali memperingatkan Yaman yang dinilai gagal dalam memerangi terorisme.

Sebelumnya Senin (14/2), Washington menyatkan telah mengucurkan dana sekitar 200 juta dolar ke negara-negara Arab, termasuk di antaranya 75 juta dolar dalam rangka meningkatkan jumlah pasukan khsuus kontraterorisme di Yaman.

Amerika Serikat berulangkali mengklaim bahwa para teroris al-Qaeda bersembunyi di Yaman dan menggunakan negara ini sebagai markas aktivitasnya.

Adapun para anggota parlemen Yaman dan kepala suku di negara ini menilai klaim bohong dan hanya sebagai alasan bagi Washington untuk memaksakan kehendaknya pemerintah Yaman.

Para analis berpendapat bahwa AS berusaha mengontrol Selat Bab el-Mandab untuk mengantongi keuntungan geo-politik dan merampas sumber daya minyak di wilayah tersebut.

Jika Amerika mengambil alih kontrol selat tersebut, maka Washington dapat mencegah penjualan minyak dari Arab Saudi menuju Cina atau negara-negara lain yang tidak menggunakan dolar dalam transaksi dagangnya. (IRIB/MZ)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: